Menu

Mode Gelap

Kotamobagu

Tidak Ada Pungli di Portal Parkir RSUD Kotamobagu! Ini Penjelasannya


20 Mar 2024 13:10 WITAยท


					Tidak Ada Pungli di Portal Parkir RSUD Kotamobagu! Ini Penjelasannya Perbesar

KONTRAS.CO.ID – Belum lama ini ada pemberitaan tentang dugaan pungli di portal parkir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu.

Hal itu dikarenakan adanya keluhan sejumlah masyarakat akan pelayanan portal parkir.

Berita yang beredar di media sosial itu menyebut jika petugas maupun pengelola portal parkir RSUD Kotamobagu melakukan pungutan liar (pungli).

Hal ini pun dibantah oleh pihak RSUD Kotamobagu yang menegaskan jika informasi tersebut bohong atau tidak benar.

Kepala Bagian Administrasi Umum, RSUD Kotamobagu, Feiby Simbuang, saat dihubungi kontras.co.id menjelaskan kronologi tentang portal parkir tersebut.

Feiby mengatakan, jika retribusi parkir yang diterapkan di area RSUD Kotamobagu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024.

“Pertama untuk besaran retribusi yang kami terapkan di RSUD Kotamobagu telah sesuai dengan perda nomor 1 tahun 2024, tentang pajak daerah dan retribusi daerah,” ungkap Feiby.

Ia menjelaskan, pengelolaan portal parkir diserahkan oleh Dinas Perhubungan Kotamobagu pada tanggal 30 November 2023 sesuai berita acara serah terima aset nomor: 003/setda-KK/500.a/XI/2023 dan mulai dioperasionalkan oleh RSUD Kotamobagu per 01 Desember 2023.

“Yang kedua portal parkir yang ada di RSUD Kotamobagu baru diserahkan pengelolaan dan assetnya dari Dinas Perhubungan kepada RSUD Kotamobagu pada akhir tahun 2023 kemarin. Sejak awal kami kelolah permasalahan antara tiket masuk dan tiket keluar tidak singkron memang terjadi, hal tersebut diakibatkan portal masuk RSUD Kotamobagu tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya karena pintu masuk RSUD Kotamobagu belum bisa dilalui oleh pengguna jalan,” ujar Feiby menjelaskan.

Sehingga itu lanjut Feiby, manajemen RSUD Kotamobagu mengalihkan sementara pintu masuk dengan menggunakan akses pintu keluar RSUD Kotamobagu.

“Manajemen RSUD Kotamobagu telah mengantisipasi hal tersebut, pintu masuk kami alihkan sementara dengan menggunakan akses pintu keluar RSUD Kotamobagu seperti yang kita ketahui bersama. Dan Untuk mengantisipasi permasalahan Tiket masuk dan keluar, kami sementara telah melakukan cetak tiket masuk secara manual agar bisa di gunakan untuk tiket keluar nanti,” ujarnya.

Selain itu juga kata Feiby, pihak RSUD Kotamobagu tengah berupaya memperbaiki infrastruktur sistem maupun sarana prasarana yang ada.

“Saat ini kami sedang mengupayakan untuk memperbaiki infrastruktur baik sistem maupun sarana prasarana. memfungsikan akses pintu keluar menjadi jalur pintu masuk dan terus berkoordinasi dengan team teknis (vendor) penyedia alat portal,” pungkasnya.***

Artikel ini telah dibaca 1,185 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

RSUD Kotamobagu Siap Sukseskan Visi-Misi Wali Kota Weny Gaib dan Wawali Rendy Mangkat

10 Maret 2025 - 22:01 WITA

Polres Kotamobagu Amankan 68 Tabung LPG 3Kg Ilegal, Dugaan Penimbunan Rugikan Masyarakat

10 Maret 2025 - 21:46 WITA

Wali Kota Kotamobagu dr. Weny Gaib Pimpin Apel ASN, Tegaskan Lima Misi Strategis untuk Kemajuan Daerah

10 Maret 2025 - 21:45 WITA

Wakili Wali Kota Weny Gaib, Asisten III Pemkot Kotamobagu Buka Kotamobagu Ramadhan Fest 2025

9 Maret 2025 - 23:00 WITA

Pemkot Apresiasi Kegiatan Festival Ramadan Pegadaian, Beri Edukasi dan Syiar Islam Bagi Anak-anak

9 Maret 2025 - 22:54 WITA

Beri Solusi Pembiayaan JCH, Pegadaian dan Kemenag Kotamobagu Gelar Talkshow Emas dan Buka Puasa Bersama

7 Maret 2025 - 22:16 WITA

Trending di Kotamobagu