Menu

Mode Gelap

Khazanah

Sebesar ini Pahala Orang yang Berangkat Salat Jumat Lebih Awal


26 Mar 2021 11:18 WITA·

Sebesar ini Pahala Orang yang Berangkat Salat Jumat Lebih Awal Perbesar

HIKMAH, KONTRAS MEDIA – Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin menjelaskan keutamaan berangkat Salat Jumat lebih awal. Berangkat ke masjid di lebih awal menjadi salah satu adab Salat Jumat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Siapa saja yang berangkat salat Jumat pada jam pertama, seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi. Siapa saja yang berangkat pada jam ketiga, seakan-akan dia berkurban dengan kambing bertanduk. Siapa saja yang berangkat pada jam keempat, seakan-akan dia menghadiahkan seekor ayam jantan. Siapa saja yang berangkat pada jam kelima, seakan-akan dia menghadiahkan sebutir telur. Setelah imam keluar, catatan amal sudah ditutup, qalam pencatat sudah diangkat, dan para malaikat berkumpul di mimbar untuk mendengarkan zikir. Siapa saja yang datang setelah itu, dia datang hanya untuk memenuhi hak sholat dan tidak mendapatkan keutamaan apa-apa.”

Hadits ini muttafaq ‘alaih dari Abu Hurairah ra dan Anas ra. Redaksi hadits di atas diriwayatkan al-Baihaqi dari Amr ibn Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya.

Menurut Imam Al Ghazali waktu awal salat Jumat, dimulai dari terbit fajar. Ada pun yang dimaksud rentang jam pertama waktu sholat Jumat adalah hingga terbit matahari. Rentang jam kedua sampai matahari meninggi, jam ketiga naiknya matahari kira-kira sengatan atau sinarnya sudah terasa panas di telapak kaki. Jam keempat dan kelima setelah waktu Dhuha akhir hingga tergelincir matahari.

Dalam bukunya, Imam Al Ghazali menyarankan agar ketika seseorang muslim yang berangkat ke masjid untuk Salat Jumat dengan khusyuk, rendah hati dan diniati untuk iktikaf di masjid hingga masuk waktu salat.

Niatkan pula untuk bergegas memenuhi seruan Allah SWT, guna menunaikan kewajiban Jumat, sekaligus memburu ampunan dan keridhaan-Nya,” tulis Imam Al Ghazali.

Terkait keutamaan berangkat Sholat Jumat lebih awal juga disebutkan dalam hadits shahih Bukhari dan Shahih Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Ada tiga perkara yang seandainya semua orang mengetahui apa yang ada di dalamnya, tentu mereka akan lari seperti unta untuk memburunya. Ketiganya adalah azan, barusan paling depan, dan berangkat salat Jumat lebih awal.”

Artikel ini telah dibaca 0 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Hamil Ideal Maksimal Usia 35: Penjelasan Medis yang Perlu Kamu Ketahui

29 Maret 2024 - 12:19 WITA

hamil ,hamil di usia tua, risiko hamil di atas 35 tahun ,kehamilan,ciri ciri orang hamil mengenal tanda tanda awal kehamilan

25 Tempat Wisata Favorit di Indonesia

19 Mei 2023 - 04:36 WITA

25 Tempat Wisata Favorit di Indonesia

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Junub

13 Oktober 2022 - 17:38 WITA

Mandi Junub

inilah 7 Ayat Al-Quran yang Membahas Tentang Penciptaan Alam Semesta

5 Juli 2022 - 16:22 WITA

blank

17 Ucapan Keren Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022

28 April 2022 - 12:25 WITA

selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022

Edit Foto di WhatsApp Sekarang Bisa, Begini Caranya

19 April 2022 - 11:19 WITA

Edit Foto di WhatsApp Sekarang Bisa, Begini Caranya
Trending di Rehat