Menu

Mode Gelap

Kesehatan

Puluhan Orang Meninggal Dunia Usai Divaksin Pfizer Asal Jerman


19 Jan 2021 14:11 WITAยท

Puluhan Orang Meninggal Dunia Usai Divaksin Pfizer Asal Jerman Perbesar

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Dilaporkan sekitar 29 manula meninggal dunia usai diberi vaksin Pfizer.

Pemberian vaksin Pfizer yang dikembangkan di Jerman itu, pada para lansia di Norwegia ditinjau ulang oleh otoritas setelah dilaporkan sekitar 29 manula meninggal dunia usai divaksin.

Diumumkan bahwa pemberian pada mereka yang sudah rentan atau sekarat karena tahap akhir penyakit bisa dipertimbangkan untuk dibatalkan saja setelah dilakukan evaluasi.

“Otoritas kesehatan Norwegia sekarang telah mengubah rekomendasi mereka terkait vaksinasi pada mereka yang sakit tahap akhir,” sebut BioNTech, mitra Pfizer asal Jerman dalam pengembangan vaksin Corona, dikutip dari Detik.com.

Vaksinasi pada pasien yang diklasifikasi sebagai mendekati akhir hidupnya dan umumnya tidak dapat pulih bahkan dari sakit yang ringan, bisa dibatalkan saja.

Norwegian Medicines Agency (NOMA) dalam update-nya menyebutkan bahwa reaksi berat yang sebenarnya umum setelah diberi vaksin Pfizerbisa saja berisiko pada kelompok lansia yang sudah rentan.

“Evaluasi harus dilakukan pada setiap individu pasien untuk menentukan apakah manfaat vaksinasi lebih besar dari risiko efek samping yang terjadi,” demikian peringatan dari NOMA.

Di negara Skandinavia itu, rata-rata 400 orang meninggal dunia tiap minggunya di panti jompo atau di perawatan lansia. Maka sejauh ini, belum dapat disimpulkan secara pasti apakah kematian yang terjadi adalah akibat vaksin Pfizer.

“Kami belum tahu, tapi sepertinya angka kematian yang diobservasi tidak lebih tinggi dari ekspektasi, tapi hal ini perlu diperiksa secara berkelanjutan di seluruh negara yang bisa melakukannya,” kata Stephen Evans, profesor di London School of Hygiene & Tropical Medicine

Pfizer sendiri telah mengeluarkan tanggapannya. “Otoritas Norwegia memprioritaskan imunisasi warga di panti jompo, kebanyakan sudah sangat tua dengan kondisi medis bawaan dan sebagian sudah berada di tahap akhir penyakitnya,” sebut Pfizer.

Pfizer sendiri telah mengeluarkan tanggapannya. “Otoritas Norwegia memprioritaskan imunisasi warga di panti jompo, kebanyakan sudah sangat tua dengan kondisi medis bawaan dan sebagian sudah berada di tahap akhir penyakitnya,” sebut Pfizer.

“NOMA memberi konfirmasi bahwa angka insiden sejauh ini tidak mengkhawatirkan dan sesuai dengan ekspektasi. Semua laporan kematian akan dievaluasi secara menyeluruh oleh NOMA untuk menentukan apakah insiden itu berhubungan dengan vaksin Pfizer,” tambah Pfizer.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Hamil Ideal Maksimal Usia 35: Penjelasan Medis yang Perlu Kamu Ketahui

29 Maret 2024 - 12:19 WITA

hamil ,hamil di usia tua, risiko hamil di atas 35 tahun ,kehamilan,ciri ciri orang hamil mengenal tanda tanda awal kehamilan

Penyakit Gula: Apa itu Diabetes?

17 Desember 2022 - 08:24 WITA

Penyakit Gula: Apa itu Diabetes?

3 Alasan Telur Ayam Cocok Jadi Menu Diet

16 Juli 2022 - 17:38 WITA

3 Alasan Telur Ayam Cocok Jadi Menu Diet

Ahli Beri Penjelasan Agar Masyarakat Tak Ragu Divaksin Saat Puasa Ramadan

7 April 2022 - 20:04 WITA

4 Manfaat Minyak Goreng bagi Kesehatan Tubuh

7 April 2022 - 04:29 WITA

Manfaat Minyak Goreng bagi Kesehatan Tubuh

6 Tips Makan Bagi Penderita Asam Lambung

2 April 2022 - 03:10 WITA

6 Tips Makan Bagi Penderita Asam Lambung Agar Tidak Mudah Kambuh
Trending di Kesehatan