Menu

Mode Gelap

Kesehatan

Penyakit Gula: Apa itu Diabetes?


17 Des 2022 08:24 WITA·

Diabetes. ©2012 Merdeka.com Perbesar

Diabetes. ©2012 Merdeka.com

Kontras.co.idDiabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh kekurangan hormon insulin atau resistensi terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Pada penderita diabetes, kadar gula darah menjadi terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat menggunakan atau memproduksi insulin dengan baik.

Terdapat dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sementara itu, pada diabetes tipe 2, tubuh masih bisa memproduksi insulin, namun tidak cukup atau tidak efektif dalam mengatur kadar gula darah. Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling umum terjadi dan sering disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, obesitas, dan usia yang semakin tua.

Gejala diabetes dapat termasuk rasa haus yang berlebihan, buang air kecil yang sering, lapar yang terus-menerus, lemah, dan kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas. Penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi serius bagi kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf.

Untuk mengontrol diabetes, penderita harus mengikuti diet yang sehat, melakukan olahraga secara teratur, dan mungkin juga mengonsumsi obat-obatan atau menjalani terapi insulin. Mencegah atau mengurangi risiko terkena diabetes dapat dilakukan dengan cara menjalani gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan ideal.

Jika Anda merasa mengalami gejala diabetes atau memiliki riwayat keluarga yang memiliki diabetes, segera konsultasikan ke dokter Anda untuk mengetahui lebih lanjut dan mencegah komplikasi yang lebih serius. Selalu ingat bahwa diabetes adalah penyakit kronis yang harus diobati secara teratur dan dilakukan pengontrolan yang tepat untuk menjaga kesehatan Anda.

Baca Berita Lainnya :  Kasus Covid-19 Terus Mningkat, Ibadah Natal di Sulut Digelar Live Streaming
Artikel ini telah dibaca 9 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Hamil Ideal Maksimal Usia 35: Penjelasan Medis yang Perlu Kamu Ketahui

29 Maret 2024 - 12:19 WITA

hamil ,hamil di usia tua, risiko hamil di atas 35 tahun ,kehamilan,ciri ciri orang hamil mengenal tanda tanda awal kehamilan

3 Alasan Telur Ayam Cocok Jadi Menu Diet

16 Juli 2022 - 17:38 WITA

3 Alasan Telur Ayam Cocok Jadi Menu Diet

Ahli Beri Penjelasan Agar Masyarakat Tak Ragu Divaksin Saat Puasa Ramadan

7 April 2022 - 20:04 WITA

4 Manfaat Minyak Goreng bagi Kesehatan Tubuh

7 April 2022 - 04:29 WITA

Manfaat Minyak Goreng bagi Kesehatan Tubuh

6 Tips Makan Bagi Penderita Asam Lambung

2 April 2022 - 03:10 WITA

6 Tips Makan Bagi Penderita Asam Lambung Agar Tidak Mudah Kambuh

6 Manfaat Buah Kurma di Konsumsi Saat Sahur dan Berbuka Puasa

2 April 2022 - 02:42 WITA

Trending di Kesehatan