Menu

Mode Gelap

Berita Nasional

Menguak Misteri Sejarah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir


3 Okt 2023 00:32 WITA·

123RF.COM/BESPUTIN Perbesar

123RF.COM/BESPUTIN

Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) adalah salah satu pencapaian teknologi paling luar biasa dalam dunia energi modern. Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan melintasi waktu untuk mengungkap sejarah yang menarik di balik pembangunan dan perkembangan PLTN.

Awal dari Semua Hal: Penemuan Atom

Untuk memahami sejarah PLTN, kita harus kembali ke dasar-dasar ilmu pengetahuan. Pada awal abad ke-20, penemuan atom oleh fisikawan seperti Ernest Rutherford membuka pintu bagi pemahaman kita tentang energi nuklir. Teori-teori ini menjadi dasar bagi penelitian selanjutnya tentang reaksi nuklir.

Kebangkitan Energi Nuklir

Pada tahun 1938, dua ilmuwan Jerman, Otto Hahn dan Fritz Strassmann, menemukan fenomena fisi nuklir, di mana inti atom dapat terbelah menjadi inti yang lebih kecil. Temuan ini membuka jalan bagi pengembangan PLTN, tetapi perkembangannya sempat tertunda oleh pecahnya Perang Dunia II.

Proyek Manhattan

Selama Perang Dunia II, Amerika Serikat mendirikan Proyek Manhattan, upaya rahasia untuk mengembangkan bom atom. Ini menjadi titik balik besar dalam sejarah energi nuklir. Tim ilmuwan terkemuka, termasuk Robert Oppenheimer dan Enrico Fermi, berhasil mengembangkan reaktor nuklir pertama yang menghasilkan daya, yang dikenal sebagai “Chicago Pile-1.” Pada tahun 1942, reaktor ini mulai menghasilkan energi nuklir.

Kelahiran PLTN

Setelah Perang Dunia II, pengembangan PLTN untuk tujuan perang melahirkan PLTN yang digunakan untuk tujuan damai. Pada tahun 1951, reaktor eksperimental pertama untuk pembangkitan listrik tenaga nuklir dibangun di Idaho, AS, dan disebut Experimental Breeder Reactor-I (EBR-I). Ini menjadi tonggak penting dalam sejarah energi nuklir sebagai sumber listrik.

Masa Keemasan PLTN

Dalam dekade berikutnya, banyak negara mulai membangun PLTN sebagai solusi untuk pasokan listrik yang andal dan bersih. Amerika Serikat memimpin dalam hal jumlah PLTN yang dibangun, dengan keberhasilan seperti Shippingport Atomic Power Station yang mulai beroperasi pada tahun 1958 sebagai PLTN komersial pertama di dunia.

Baca Berita Lainnya :  Taylor Swift’s ‘SNL’ Monologue Was a Gift, Seth Meyers Says

Tantangan dan Keberlanjutan

Meskipun potensi besar energi nuklir, teknologi ini juga menghadapi tantangan. Kecelakaan Chernobyl pada tahun 1986 dan Fukushima pada tahun 2011 mengingatkan kita akan risiko yang terkait dengan teknologi ini. Namun, industri PLTN terus berinovasi untuk meningkatkan keselamatan dan mengatasi limbah radioaktif.

Masa Depan PLTN

Saat ini, PLTN terus menjadi sumber energi yang penting dalam upaya mencapai ketahanan energi global dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Inovasi terbaru dalam PLTN, seperti reaktor generasi keempat dan upaya dalam fusi nuklir, menjanjikan masa depan yang cerah untuk teknologi ini.

Kesimpulan

Sejarah pembangkit listrik tenaga nuklir adalah kisah perjalanan panjang dan kompleks menuju pencapaian teknologi yang sangat penting dalam dunia energi. Meskipun tantangan dan kontroversi telah melingkupi PLTN, kita tidak bisa mengabaikan potensi besar yang dimilikinya dalam menyediakan pasokan energi yang bersih, andal, dan berkelanjutan untuk masa depan. Sebagai salah satu sumber energi terkemuka di dunia, PLTN terus menggema dalam usaha menuju dunia yang lebih berkelanjutan.

Artikel ini telah dibaca 29 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

4 Maret 2024 - 12:02 WITA

blank

Wali Kota Asripan Nani Bersama Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu Kotamobagu Pantau Kesiapan TPS

13 Februari 2024 - 21:30 WITA

blank

Border, Prosperity dan Security Jadi Fokus Utama Rapat Pimpinan Imigrasi

31 Januari 2024 - 10:15 WITA

blank

Belajar Soal Sistem Keterbukaan Informasi, Komisi II DPRD Tomohon Kunker ke Diskominfo Kotamobagu

16 Januari 2024 - 15:19 WITA

blank

Sukseskan Pilkda 2024, KPU dan Pemda Boltim Teken NPHD

10 Januari 2024 - 18:03 WITA

blank

Jadi Lokasi Zikir dan Doa Sambut Tahun Baru 2024, Kesiapan Eks Rujab Ilongkow Ditinjau Pj Wali Kota

30 Desember 2023 - 19:59 WITA

blank
Trending di News