Menu

Mode Gelap

Catatan Aksara

Pemberdayaan Sampah Alam di Lingkungan Sekitar, Menjadi Nilai Jual yang Tinggi


29 Okt 2020 03:40 WITAยท

Pemberdayaan Sampah Alam di Lingkungan Sekitar, Menjadi Nilai Jual yang Tinggi Perbesar

Pada dasarnya kita memandang lingkungan hanya sekilas tanpa mendalami dampak ekosistem lingkungan yang semakin tercemari.

blank

Apalagi bagian perkotaan yang kian hari, sampah berserakan, terutama sampah plastik. Nah, di dalam suatu gagasan banyak ide yang mestinya kita asah. Semisal, kita mengajak kawan-kawan untuk melakukan aksi giat lingkungan dan melakukan tahap-tahap untuk mendiskusikan ide dan inovasi, bagaimana bahan sampah menjadi nilai jual yang tinggi.

blank

Sampai saat ini pemuda antusias membahas soal lingkungan, berbagi pandangan serta ide-ide yang sangat spektakuler. Ada juga kawan-kawan menginovasikan limbah plastik menjadi karya seni yang tinggi yang bisa di jual.

blank

Contoh dalam ide tersebut, mendaur ulang limbah alam yang berbahan dasar batok kelapa menjadi seni jual yang tinggi

Gambar di atas sebagai hasil dari inovasi seni jual yang tinggi di gagas oleh beberapa kawan-kawan sehingganya mendapatkan hasil yang sempurna.

blank

Nah, dalam proses pembuatan karikatur di atas adalah memanfaatkan limbah alam yaitu batok kelapa yang sudah di buang warga. Bisa juga di olah menjadi berbagai macam bentuk yaitu: lampu belajar, piala, dan lain sebagainya.

blank

Dalam proses pembuatan miniatur dan karikatur kita menggunakan alat sederhana yang sudah rusak (pompa air di sulap menjadi pemotong kayu) bisa juga menggunakan gerinda dan bor bahan perekat bisa menggunakan lem korea, lem fox, dan castol.

blank

Karya dan tujuan ini guna memberdayakan limbah alam menjadi nilai jual yng tinggi dan bertujuan menjadi salah satu sorotan agar kita generasi bangsa bisa lebih giat lagi untuk lebih memerhatikan lingkungan di sekitar kita terutama sampah plastik.

Penulis: Sumitro Mamangkay

Artikel ini telah dibaca 0 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

AIR MATA PALESTINA

19 Mei 2021 - 22:16 WITA

AIR MATA PALESTINA

Duka KRI Nanggala 402

28 April 2021 - 23:11 WITA

MENCANDAI PANTAI BUNGIN

1 April 2021 - 10:53 WITA

RISALAH SUNYI

31 Maret 2021 - 13:46 WITA

SEPI MENGUBURKU

30 Maret 2021 - 13:40 WITA

MENGAPA BEDA JADI BENCANA

30 Maret 2021 - 13:34 WITA

Trending di Catatan Aksara