Menu

Mode Gelap

Kotamobagu

Mengantisipasi Puncak Kemarau di Kotamobagu: Strategi dan Upaya BPBD


29 Mei 2024 22:28 WITAยท

Mengantisipasi Puncak Kemarau di Kotamobagu: Strategi dan Upaya BPBD Perbesar

KONTRAS.CO.ID – Dalam menghadapi puncak musim kemarau periode kedua yang diperkirakan terjadi pada bulan Agustus dan September, Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan berbagai upaya antisipatif untuk mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi.

Menurut Kepala BPBD Kota Kotamobagu, Asriyanti, musim kemarau periode pertama yang terjadi pada bulan Februari telah berlalu dengan relatif aman.

“Alhamdulillah, periode pertama kemarau di bulan Februari sudah terlewati, dan kita bersyukur karena meskipun kemarau, tapi curah hujan masih tetap ada,” ungkap Asriyanti. Ia berharap puncak kemarau nanti juga akan diiringi dengan adanya hujan, seperti pada periode pertama.

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kota Kotamobagu mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi kekeringan, meskipun kondisi wilayah saat ini masih berada pada posisi normal.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang ada di Kota Kotamobagu agar sama-sama mewaspadai kekeringan yang bisa saja terjadi di wilayah kita. Untuk itu, kami mengajak agar masyarakat bisa menggunakan sumber daya air secara efektif dan efisien,” imbau Asriyanti.

Lebih lanjut, Asriyanti mendorong masyarakat untuk menanam pohon sebanyak mungkin sebagai salah satu langkah pencegahan kekeringan. Pohon-pohon tersebut dapat membantu menjaga kelembaban tanah dan menyediakan cadangan air saat musim kemarau tiba.

Selain itu, masyarakat juga dianjurkan untuk membuat tempat penampungan air hujan yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

“Mari kita membuat tempat resapan air, namun dengan tidak menutup permukaan tanah dengan keramik atau sejenisnya,” tambahnya.

Langkah-langkah ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan memastikan ketersediaan air yang cukup selama musim kemarau. Penggunaan air secara bijak dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan ini.

Baca Berita Lainnya :  Operasi Pasar Murah, Warga: Terima Kasih Pemkot Kotamobagu dan Bulog
Artikel ini telah dibaca 4 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pj Wali Kota Asripan Nani Menutup Secara Resmi Turnamen Sepak Bola Kapolres Cup 2024

9 Juni 2024 - 20:34 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Beri Pembekalan Bagi Peserta Magang II Satuan Praja Muda IPDN Kampus Sulut

8 Juni 2024 - 13:40 WITA

blank

Pj Wali Kota Pimpin Apel Penerimaan dan Pembukaan Magang II Praja Muda Angkatan XXXIII IPDN Kampus Sulut

8 Juni 2024 - 12:56 WITA

blank

Damkar Kotamobagu Latih Karyawan PLN Hadapi Darurat Kebakaran

7 Juni 2024 - 21:41 WITA

blank

Dinas PP-KB Gelar Mini Lokakarya Percepatan Penurunan Stunting Kotamobagu Selatan

7 Juni 2024 - 21:39 WITA

blank

Perda Nomor 1 Tahun 2024: Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kotamobagu melalui Pajak Reklame

6 Juni 2024 - 19:17 WITA

blank
Trending di Kotamobagu