Jawab Keluhan dengan Aksi: RSUD Kotamobagu Jemput Pasien Poliklinik Bedah, Keluarga Ucapkan Terima Kasih

Kontras.co.id – Sebagai tindak lanjut atas kejadian yang sempat menimbulkan keluhan dari keluarga pasien beberapa waktu lalu, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu mengambil langkah cepat dan konkret. Pada Selasa, 4 November 2025, tim medis RSUD Kotamobagu menjemput langsung pasien yang sebelumnya mengalami kendala pelayanan di Poliklinik Bedah untuk mendapatkan penanganan lanjutan di rumah sakit.

Pasien tengah mendapatkan perawatan oleh petugas medis Poliklinik Bedah RSUD Kotamobagu

Langkah penjemputan tersebut dilakukan sebagai bentuk kompensasi dann tanggung jawab sekaligus pembuktian komitmen RSUD Kotamobagu dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pihak rumah sakit memastikan bahwa setiap pasien berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, tanpa terkecuali.

Pasien saat usai dilakukan pemeriksaan dan perawatan di ruangan Poliklinik Bedah

“Kami menjemput langsung pasien ke kediamannya sebagai kompensasi dan wujud tanggung jawab dan kepedulian RSUD Kotamobagu terhadap masyarakat. Ini juga menjadi bukti bahwa kami benar-benar berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pasien,” ujar Humas RSUD Kotamobagu, Desak Putu Indrawati, SKM, M.Kes.

Usai mendapatkan perawatan, pasien kembali diantar menggunakan ambulance RSUD Kotamobagu

Tim medis yang ditugaskan berangkat dengan kendaraan operasional rumah sakit dan disambut hangat oleh keluarga pasien. Setibanya di rumah pasien, pasien langsung dipersiapkan untuk dibawa ke RSUD Kotamobagu.

Sesampai di RSUD Kotamobagu, pasien dilakukan pemeriksaan dan perawatan serta diberikan obat oleh dokter. Setelah itu, pasien pun kembali diantar menggunakan ambulance ke kediamannnya.

Humas RSUD Kotamobagu menjelaskan, langkah ini juga sekaligus menjadi bentuk kompensasi pelayanan kepada pasien yang sempat belum mendapatkan pelayanan maksimal pada kunjungan sebelumnya.

“Kami tidak hanya menyampaikan permohonan maaf, tetapi juga berupaya membuktikan komitmen kami dengan tindakan nyata. Pasien yang bersangkutan kini mendapatkan perawatan secara baik,” tambahnya.

Manajemen RSUD Kotamobagu menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem pelayanan, khususnya di unit rawat jalan dan poliklinik. Hal ini untuk memastikan agar setiap pasien mendapatkan pengalaman pelayanan yang aman, nyaman, dan profesional.

Baca juga :  Pengaspalan Pelataran eks Kantor Bupati Bolmong Selesai Dikerjakan

“Setiap masukan dan keluhan masyarakat akan kami jadikan bahan introspeksi serta perbaikan berkelanjutan. Kami ingin memastikan bahwa RSUD Kotamobagu hadir tidak hanya sebagai fasilitas kesehatan, tetapi juga sebagai rumah yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis,” tegas Humas RSUD Kotamobagu.

Langkah proaktif yang diambil RSUD Kotamobagu ini mendapat apresiasi dari keluarga pasien. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian dan kesigapan pihak rumah sakit dalam menindaklanjuti keluhan mereka sebelumnya.

Dengan tindakan nyata tersebut, RSUD Kotamobagu berharap dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Rumah sakit ini juga menegaskan komitmennya untuk terus berbenah, berinovasi, dan memastikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi, cepat, serta berorientasi pada kepuasan pasien menjadi prioritas utama.