Menu

Mode Gelap

News

Belajar Soal Sistem Keterbukaan Informasi, Komisi II DPRD Tomohon Kunker ke Diskominfo Kotamobagu


16 Jan 2024 15:19 WITA·

Belajar Soal Sistem Keterbukaan Informasi, Komisi II DPRD Tomohon Kunker ke Diskominfo Kotamobagu Perbesar

KONTRAS.CO.IDPemkot Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menerima kunjungan kerja dari Komisi II DPRD kota Tomohon, bertempat di ruang kerja Kadis Kominfo Kotamobagu, Selasa, 16 Januari 2024.

Dalam kunjungan tersebut, di sambut hangat sekretaris Kominfo Kotamobagu Hasna Pasambuna, Kabid Kominfo Hendry Mokodompit, dan jajaran.

Usai kunker, Wakil Ketua Komisi II DPRD kota Tomohon Stenli Ridelsi Wuwung menjelaskan, kami hari ini berkunjung ke Diskominfo Kotamobagu untuk memperdalam implementasi dan mekanisme sistem keterbukaan informasi, mungkin ini sangat sederhana akan tetapi keterbukaan informasi publik mempunyai peran strategis dalam pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

“Karena sesuai amanat UUD nomor 14 tahun 2008, memang proses control Enbalance harus ada keterbukaan informasi publik agar masyarakat bisa tahu tentang produk Pemda, DPRD, dan segala bentuk yang perlu di ketahui masyarakat, walaupun kita tahu bersama bahwa keterbukaan informasi ada klasifikasinya,”ujarnya.

Stenli mengatakan, keterbukaan informasi publik di Kotamobagu tadi cukup baik, terlebih telah mendapatkan peringkat ke dua se provinsi untuk Diskominfo Kotamobagu.

“Sehingga kami di sini untuk mencari ilmu bahwa sebenarnya di DPRD Kotamobagu saat ini sudah di rencanakan Ranperda keterbukaan informasi publik di daerah,” ujarnya.

“Yang akan di dorong jadi Perda dan sudah masuk dalam pembahasan, kami coba mencari informasi yang penting agar Ranperda yang akan kami bahas dan itu di rubah menjadi Perda, betul-betul menjadi Perda yang berbobot, berkualitas, bisa mengayomi masyarakat, tapi juga memberikan kewenangan ke pemerintah untuk berani menerapkan dengan sebaik-baiknya dan di pertimbangkan seadil-adilnya,” terangnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kotamobagu melalui Pranata Humas Guntur Niu menyampaikan, pihaknya menerima secara baik kunjungan dari komisi II DPRD kota Tomohon terkait keterbukaan informasi publik.

Baca Berita Lainnya :  Tanda Larangan Parkir Disepelekan, Ban Kendaraan Digembosi

“Dari pihak DPRD Tomohon menanyakan apa saja yang telah di terapkan di Kominfo Kotamobagu untuk menjadi bahan ilmu mereka dalam menerapkan keterbukaan informasi publik di wilayahnya, dan semua yang telah di terapkan di Kominfo Kotamobagu telah kami sampaikan dengan baik ke pihak DPRD Tomohon,” ungkapnya.

Sources: Komunikasulut/Vicky

Artikel ini telah dibaca 9 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

4 Maret 2024 - 12:02 WITA

blank

Wali Kota Asripan Nani Bersama Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu Kotamobagu Pantau Kesiapan TPS

13 Februari 2024 - 21:30 WITA

blank

Border, Prosperity dan Security Jadi Fokus Utama Rapat Pimpinan Imigrasi

31 Januari 2024 - 10:15 WITA

blank

Sukseskan Pilkda 2024, KPU dan Pemda Boltim Teken NPHD

10 Januari 2024 - 18:03 WITA

blank

Jadi Lokasi Zikir dan Doa Sambut Tahun Baru 2024, Kesiapan Eks Rujab Ilongkow Ditinjau Pj Wali Kota

30 Desember 2023 - 19:59 WITA

blank

Operasi Jagratara, Kantor Imigrasi Kotamobagu Turunkan Personil Intens Lakukan Pengawasan Orang Asing

29 Desember 2023 - 16:42 WITA

blank
Trending di News