Menu

Mode Gelap

Kotamobagu

Wakili Wali Kota Tatong Bara, Sekda Sofyan Mokoginta Hadiri Sosialisasi Sensus Pertanian 2023


25 Mei 2023 18:19 WITA·

Wakili Wali Kota Tatong Bara, Sekda Sofyan Mokoginta Hadiri Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 Perbesar

KONTRAS.CO.ID – Mewakili Wali Kota Kotamobagu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Mokoginta menghadiri kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian tahun 2023 di Kota Kotamobagu, yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS), bertempat di Hotel Sutanraja Kota Kotamobagu, Kamis 25 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Sofyan menyampaikan, sektor pertanian merupakan bidang yang sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung ketahanan pangan yang ada di tingkat daerah maupun secara nasional.

“Sektor pertanian merupakan penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan sekaligus menjadi lapangan kerja bagi sebagian besar penduduk. Selain itu, juga memberikan devisa dan menjadi penyelamat perekonomian di saat pandemi covid 19. Untuk itu, sektor ini harus dijaga agar tetap berproduksi serta memberi kontribusi pada berbaikan ekonomi,” ungkapnya.

Disebutkannya, kontribusi sektor pertanian untuk nasional yakni sebesar 12 persen. Sementara kontribusi sektor pertanian di Kota Kotamobagu pada tahun 2022 sebesar 8,27 persen dengan pertumbuhan 6,84 persen. Artinya sektor pertanian sangat berperan penting dalam hal pertumbuhan ekonomi di Kota Kotamobagu.

“Kemarin di awal tahun inflasi di Kotamobagu naik sampai dengan 7 persen, ini merupakan satu hal yang luar biasa kalau dilihat dari inflasi yang tinggi dan salah satu komoditi yang menyebabkan inflasi di Kotamobagu itu adalah beras, sehingga bisa disimpulkan sektor pertanian sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, baik pemenuhan bahan pangan maupun pembentukan inflasi dan lapangan kerja,” terangnya.

Masih kata Sofyan, sosialisasi sensus pertanian yang digelar, menjadi sangat penting dan strategis, mengingat data-data yang di ambil dari pelaksanaan sensus pertanian akan menjadi informasi yang sangat penting bagi pemerintah daerah dalam rangka melakukan perencanaan pembangunan di daerah ini.

“Pelaksanaan sensus pertanian juga menjadi sangat penting, mengingat dari kegiatan ini kita semua akan mendapat gambaran secara konferensif terkait kondisi pertanian di Indonesia, hingga wilayah terkecil serta dalam rangka peningkatan kualitas design kebijakan rujukan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan strategis sektor pertanian. Contohnya landasan penyusunan distribusi subsidi pupuk yang efektif dan efisien dan penyediaan basis data UMKM sektor pertanian,” tuturnya.

Baca Berita Lainnya :  Dihadiri Kakanwil Kemenkumham Sulut, Wali Kota Tatong Bara Buka Rapat Tim Pengawasan Orang Asing yang Digelar Kanim Kotamobagu

Di sisi lain, ia pun mengajak masyarakat Kota Kotamobagu untuk dapat mendukung serta mensukseskan pelaksanaan kegiatan sensus pertanian tahun 2023, yakni dengan menerima petugas dari BPS Kotamobagu serta memberikan data yang akurat saat pelaksanaan sensus berlangsung.

“Saya atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kotamobagu menyampaikan apresiasi serta terima kasih sebesar-besarnya kepada BPS yang telah memberikan data akurat,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala BPS Kotamobagu Samsudin SP M.Si, berharap, melalui sensus pertanian tersebut akan diperoleh data parameter tentang pertanian di Kota Kotamobagu.

“Sensus pertanian berlaku selama kurang lebih 10 tahun sekali dan untuk Kota Kotamobagu sendiri sensus ini sudah ke dua kalinya.

Ia pun berharap, untuk mendapatkan data yang akurat, maka sensus pertanian ini harus didukung penuh oleh Pemkot Kotamobagu hingga ke tingkatan pemerintah desa maupun kelurahan, agar data karakteristik, luas lahan hingga tanaman holtikultura akan diperoleh dengan valid lewat pelaksanaan sensus pertanian.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan output hasil rumah tangga pertanian yang lebih akurat dan luas lahan pertanian yang cocok sesuai pendataannya,” harap Samsudin.

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten II Setda Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kotamobagu, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kotamobagu.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Marching Band IPDN Kampus Sulawesi Utara Meriahkan Pembukaan MTQ ke-30 di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 20:21 WITA

blank

Nasli Paputungan: Mari Kita Jaga Kebersihan dan Ketertiban pada Pelaksanaan MTQ ke-30 di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 20:02 WITA

blank

Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Utara ke-30 Bawa Berkah bagi UMKM Kotamobagu

10 Juni 2024 - 19:51 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Menutup Secara Resmi Turnamen Sepak Bola Kapolres Cup 2024

9 Juni 2024 - 20:34 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Beri Pembekalan Bagi Peserta Magang II Satuan Praja Muda IPDN Kampus Sulut

8 Juni 2024 - 13:40 WITA

blank

Pj Wali Kota Pimpin Apel Penerimaan dan Pembukaan Magang II Praja Muda Angkatan XXXIII IPDN Kampus Sulut

8 Juni 2024 - 12:56 WITA

blank
Trending di Kotamobagu