Menu

Mode Gelap

Khazanah

Catat! Berikut Tiga Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Suci Ramadhan


18 Apr 2022 22:30 WITA·

Catat! Berikut Tiga Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Suci Ramadhan Perbesar

KONTRAS.co.id– Hari pertama puasa Ramadan 1443 Hijriah, Tahun 2022 Masehi jatuh pada hari Minggu (3/April/2022). Seluruh umat Islam di dunia menyambut bulan penuh berkahndan ampunan ini dengan antusias.

Di bulan Ramadan, terdapat beberapa waktu terkabulnya doa yang harus diketahui. Beberapa waktu tersebut adalah waktu sahur, saat berpuasa, dan saat berbuka puasa.

Banyak keistimewaan dan kemuliaan ada di bulan Ramadhan ini. Salah satunya yaitu pahala beribadah yang dilipatgandakan, hingfa dihapus dosa-dosa terdahulu.

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari buku Ramadhan: Cinta Terbaik dari Sang Mahacinta dari Institut Menulis Muda:

1. Saat Sahur

Rasullulah Saw bersabda, “Allah turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, “Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaku akan aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan aku ampuni.” (HR. Bukhori dan Muslim). Selain itu Ibnu Hajar juga menjelaskannya bahwasannya doa dan istighfar di waktu sahur lebih mudah dikabulkan.

2. Doa Saat Berpuasa

Dalam ayat Al-Qur’an dijelaskan bahwa “disunnahkan orang yg berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yg ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’ 6:273).

Doa saat puasa adalah doa yang diutamakan dikabulkan saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan Allah SWT langsung memberikan ganjaran utama atas puasa yang dilakukan oleh hambaNya. Selain itu juga disunnahkan orang yang berpuasa untuk banyak berdoa agar urusan dunia dan akhirat semakin dipermudah.

3. Doa Saat Berbuka Puasa

Nabi pernah bersabda bahwasannya ” Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi). Waktu terkabulnya doa saat Ramadhan adalah saat berbuka karena orang yang telah berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Baca Berita Lainnya :  Fenomena Puasa Setengah Hari
Artikel ini telah dibaca 2 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Junub

13 Oktober 2022 - 17:38 WITA

Mandi Junub

inilah 7 Ayat Al-Quran yang Membahas Tentang Penciptaan Alam Semesta

5 Juli 2022 - 16:22 WITA

blank

17 Ucapan Keren Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022

28 April 2022 - 12:25 WITA

selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022

10 Font Gratis untuk Ucapan Ramadhan 1443 Hijriah

21 April 2022 - 07:28 WITA

Font Gratis

Cara Daftar Mudik Gratis 2022, Berikut Ketentuan Peserta Mudik

19 April 2022 - 15:24 WITA

Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub, Berikut Syarat Peserta Mudik Gratis 2022

Kapan Terjadinya Malam Lailatul Qadar? Berikut Doa dan Amalan Malam Lailatul Qadar

18 April 2022 - 21:52 WITA

Kapan Terjadinya Malam Lailatul Qadar? Waktu, Doa dan Amalan Malam Lailatul Qadar
Trending di Khazanah