Menu

Mode Gelap

Kotamobagu

Pj. Wali Kota Asripan Nani Buka Kegiatan Entry Meeting dan Evaluasi Statistik Sektoral Kotamobagu


8 Mei 2024 16:00 WITA·

Pj. Wali Kota Asripan Nani Buka Kegiatan Entry Meeting dan Evaluasi Statistik Sektoral Kotamobagu Perbesar

KONTRAS.CO.ID – Pj. Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, membuka kegiatan Entry Meeting dan Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kota Kotamobagu Tahun 2024.

blank

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu 8 Mei 2024, bertempat di Sutanraja Hotel Kotamobagu.

blank

“Saya memberi apresiasi yang setinggi – tingginya kepada kepada Kepala BPS Kota Kotamobagu dan seluruh jajaran yang telah menggelar acara yang saya anggap sangat strategis ini, terkait dengan mewujudkan Satu Data Kotamobagu menuju Satu Data Indonesia,” ucapnya.

blank

Menurut Pj. Wali Kota, data ini menjadi sangat penting bagi khususnya dalam hal merumuskan dan menetapkan pengambilan kebijakan.

blank

“Dalam menetapkan sebuah kebijakan, tidak boleh hanya berdasarkan feeling, atas perasaan, tetapi harus selalu berpijak pada Data itu sendiri. Lembaga yang resmi, Lembaga yang diakui dalam mengeluarkan Data adalah Badan Pusat Statistik. sehingga baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah selalu mengacu pada data yang dikeluarkan oleh BPS,” katanya.

Lanjutnya, pada tahun 2023, Badan Pusat Statistik Kota Kotamobagu bersama Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu telah melakukan evaluasi pelaksanaan kebijakan penguatan penyelenggaraan data statistik sektoral dalam bentuk penilaian badan dan internal.

“Penilaian tersebut merupakan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS) yang telah terlebih dahulu dilakukan pembinaannya. Nilai tingkat kematangan atas penyelenggaraan Statistik Sektoral direpresentasikan dalam bentuk Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menunjukkan kemampuan Pemerintahan Daerah dalam penyelenggaraan Statistik Sektoral,” ujarnya.

“Nilai Indeks ini akan menggambarkan kapabilitas proses yang mencakup kebijakan, proses Tata Kelola, dan proses manajemen Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan kematangan kegiatan Statistik Sektoral yang dijalankan oleh pemerintah daerah. Penilaian ini terdiri dari tingkat rintisan, terkelola, terdefinisi, terpadu dan terukur dan tingkat optimum. Tingkat optimum menggambarkan tingkat maksimal dari penyelenggaraan kegiatan Statistik Sektoral,” pungkasnya.

Baca Berita Lainnya :  Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

Turut hadir, Kepala Badan Pusat Statistik Kotamobagu, Syamsudin, para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu serta para peserta Entry Meeting Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kota Kotamobagu Tahun 2024.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Dibuka Wagub Steven Kandouw, MTQ XXX Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Resmi Dimulai

11 Juni 2024 - 01:39 WITA

blank

Didampingi Pj Wali Kota dan Ketua DPRD Kotamobagu, Wagub Steven Kandouw Resmikan MTQ ke-30 Tingkat Provinsi Sulut

11 Juni 2024 - 00:39 WITA

blank

Marching Band IPDN Kampus Sulawesi Utara Meriahkan Pembukaan MTQ ke-30 di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 20:21 WITA

blank

Nasli Paputungan: Mari Kita Jaga Kebersihan dan Ketertiban pada Pelaksanaan MTQ ke-30 di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 20:02 WITA

blank

Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Utara ke-30 Bawa Berkah bagi UMKM Kotamobagu

10 Juni 2024 - 19:51 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Menutup Secara Resmi Turnamen Sepak Bola Kapolres Cup 2024

9 Juni 2024 - 20:34 WITA

blank
Trending di Kotamobagu