Menu

Mode Gelap

Kotamobagu

Penjabaran APBDes 2023 Untuk 15 Desa di Kotamobagu Kembali Disesuaikan, ini Alasannya


13 Jul 2023 18:05 WITA·

Fahrin Ambaru Perbesar

Fahrin Ambaru

KONTRAS.CO.ID – Hingga saat ini 15 desa di Kota Kotamobagu belum melakukan proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II tahun anggaran 2023.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kotamobagu melalui Kabid Pembangunan, Keuangan dan Aset Desa, Fahrin Ambaru, adanya kebijakan refocusing mengharuskan Pemerintah Desa (Pemdes) kembali melakukan penyesuaian APBDes tahun 2023 sebelum ADD tahap II dicairkan.

“Untuk ADD tahap II masih dalam proses karena ada kebijakan refocusing, sehingga saat ini Pemdes harus merubah penjabaran APBDes untuk disesuaikan kembali. Prioritas program yang ditangguhkan lebih kepada kegiatan fisik dalam RPJMDes maupun RKP yang insyaallah bisa dimasukan kembali dalam anggaran perubahan maupun anggaran tahun depan,” ungkap Fahrin.

Terkait dengan rofocusing ADD lanjut Fahrin, telah melalui rapat yang digelar Dinas PMD bersama Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Inspektorat, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa yang dihadiri langsung para Sangadi (kepala desa, red) serta unsur BPD di 15 desa.

“Besaran anggaran yang direfocusing 10 persen dari pagu ADD induk sebesar Rp38 miliar dan pada prinsipnya seluruh sangadi dan unsur BPD menerima kebijakan ini lewat rapat yang digelar beberapa waktu lalu,” bebernya.

Masih menurut Fahrin, ditengah kebijakan refocusing ADD, tahun ini pemerintah pusat berencana mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 triliun untuk tambahan Dana Desa (DD) bagi desa di Indonesia yang memenuhi sejumlah indikator penilaian.

“Informasi yang kami terima anggarannya turun sekitar bulan Agustus tahun ini dan untuk mendapatkan alokasi anggaran ini desa harus memenuhi sejumlah indikator penilaian, diantaranya tepat waktu dalam pelaporan realisasi fisik dan keuangan, penyaluran BLT, penetapan dokumen perencanaan hingga realisasi dan data transaksi harian. Mudah-mudahan 15 desa di Kotamobagu bisa memenuhi semua indikatornya agar bisa menerima tambahan anggaran ini,” pungkasnya.

Baca Berita Lainnya :  Lewat Perwa, Pemkot Tetapkan Batas Desa dan Kelurahan di Kotamobagu

Sources: LiputanBMR

Artikel ini telah dibaca 3 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Marching Band IPDN Kampus Sulawesi Utara Meriahkan Pembukaan MTQ ke-30 di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 20:21 WITA

blank

Nasli Paputungan: Mari Kita Jaga Kebersihan dan Ketertiban pada Pelaksanaan MTQ ke-30 di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 20:02 WITA

blank

Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Utara ke-30 Bawa Berkah bagi UMKM Kotamobagu

10 Juni 2024 - 19:51 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Menutup Secara Resmi Turnamen Sepak Bola Kapolres Cup 2024

9 Juni 2024 - 20:34 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Beri Pembekalan Bagi Peserta Magang II Satuan Praja Muda IPDN Kampus Sulut

8 Juni 2024 - 13:40 WITA

blank

Pj Wali Kota Pimpin Apel Penerimaan dan Pembukaan Magang II Praja Muda Angkatan XXXIII IPDN Kampus Sulut

8 Juni 2024 - 12:56 WITA

blank
Trending di Kotamobagu