Menu

Mode Gelap

Bolaang Mongondow Raya

Pekan ini DPMD Akan Gelar Bimtek SIPADES Untuk Sangadi Se-Boltim


25 Okt 2021 18:20 WITA·

Pekan ini DPMD Akan Gelar Bimtek SIPADES Untuk Sangadi Se-Boltim Perbesar

BOLTIM, KONTRAS MEDIA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menggelar bimbingan teknis (bimtek) SIPADES kepada seluruh Kepala Desa (Sangadi) se-Boltim.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di Paradise Resort Minahasa Utara (Minut) pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2021 nanti.

Kepala Dinas PMD, Herlina Damopolii mengatakan, Asas manfaat bimtek ini adalah, untuk lebih menertibkan administrasi terkait kepemilikan aset desa agar sesuai dengan peraturan yang berlaku, inventarisasi dan pendataan aset desa berbasis aplikasi (SIPADES).

“SIPADES merupakan aplikasi perencanaan administrasi aset desa berbasis sistem informasi mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan. Selain itu aplikasi ini juga  dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa,” katanya, Senin (25/10/2021).

“Menertibkan penggunaan aset desa agar dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintah desa. Sekaligus untuk mempermudah pemerintah desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa.

Lanjutnya, kegiatan bimtek ini sangat penting karena bisa menjadi wadah untuk saling berkomunikasi serta sebagai langkah untuk mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan desa sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan aturan pelaksaannya.

“Kami tekankan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan menyampaikan pemahaman yang bersinggungan langsung dengan desa khususnya kekayaan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi untuk mewujudkan adminstrasi desa yang transparan, akuntabilitas dan efektif serta efisien,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan terbitnya Undang-undang tersebut desa tidak lagi hanya menjadi objek pembangunan, akan tetapi harus menjadi subyek dan motor penggerak pembangunan yang aktif.

“Hadirnya aplikasi SIPADES untuk pengelolaan aset desa sangat diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan yang ada, serta meminimalisir kesalahan – kesalahan yang diakibatkan dalam rangkaian kegiatan pengelolaan keuangan aset desa. Dan adanya aplikasi SIPADES ini, pemerintah juga desa dapat memberikan perhatian serta komitmennya dalam rangka implementasi secara menyeluruh demi terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang sejalan dengan amanat peraturan perundang undangan,” tutupnya. (Vikar)

Baca Berita Lainnya :  Kota Kotamobagu Raih Penghargaan KLA Kategori Madya
Artikel ini telah dibaca 0 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pemdes Moyonkota Salurkan BLT Tahap 2

22 Mei 2024 - 23:09 WITA

blank

Lewat Lobi Bupati SSM, Kemenhub Kucurkan Dana Puluhan Miliyar Untuk Pembangunan Pelabuhan Kotabunan

22 Mei 2024 - 22:18 WITA

blank

Usai Ikut Pembukaan Kegiatan Dekranas Expo, Seska Ervina Budiman Hadiri Puncak HKG PKK ke-52

18 Mei 2024 - 11:17 WITA

blank

Berhasil Menjalankan Program Pembangunan di Boltim, Bupati Sam Sachrul Diundang Wawancara Khusus oleh Media Nasional

16 Mei 2024 - 17:25 WITA

blank

Tanggapi Keluhan Masyarakat Soal Kerusakan Jalan Trans Provinsi di Desa Lanut, Pemkab Boltim Usulkan Perbaikan ke Dinas PU Provinsi

14 Mei 2024 - 17:51 WITA

blank

Piala Eropa 2024 Segera Dimulai, Socer Jersey Tawarkan Baju Bola Dengan Harga Murah

10 Mei 2024 - 13:12 WITA

blank
Trending di Bolaang Mongondow Raya