Menu

Mode Gelap

Bolaang Mongondow Raya

Kotamobagu Mulai Laksanakan Vaksinasi Tahap Dua


15 Feb 2021 14:59 WITA·

Kotamobagu Mulai Laksanakan Vaksinasi Tahap Dua Perbesar

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi Tenaga Kesehatan (Nakes), pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kotamobagu dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) yang telah disuntik vaksin tahap satu mulai dilaksanakan, Senin (15/02/2021).

“Hari ini mereka yang telah divaksinasi tahap 1 dua pekan lalu sebanyak 19 orang wajib untuk divaksin kembali di tahap 2 ini. Kecuali yang sakit. Kalau ada yang sakit ditunda. Tundanya maksimal dua pekan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr Tanty Korompot.

Menurutnya, penyuntikan vaksin tahap 2 ini perlu dilakukan agar supaya sistem kekebalan tubuh dari orang yang telah di suntik vaksin terbentuk dengan sempurna.

“Pemberian vaksin kedua jeda 14 hari ini sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dari Kementerian Kesehatan. Suntikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac harus dilakukan dua kali agar dapat memastikan vaksin tersebut efektif dalam membentuk antibodi. Vaksin Covid-19 ini bersifat inactivated atau mati sehingga tidak dapat berkembang biak. Namun, bukan berarti jika sudah disuntik sekali, maka tidak akan tertular virus Corona. Pada jeda antara vaksin pertama dan kedua, penerima vaksin harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan karena antibodi belum secara penuh terbentuk,” jelasnya.

Meski telah disuntik vaksin jelas dr Tanty, penerima vaksin tetap wajib untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“Pemberian vaksin sinovac Covid-19 ini tidak menjamin bahwa kita tidak akan tertular, peserta yang divaksin tetap tidak bisa menghindari dari terinfeksi virus corona. Vaksin hanya mengurangi gejala, pasien tidak akan mengalami kesakitan yang parah dan meminimalisir risiko kematian,” pungkas Indah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, yang merupakan peserta vaksin tahap kedua ini mengaku tidak merasakan apa-apa usai disuntik vaksin.

Baca Berita Lainnya :  Kabar Gembira, Penyaluran Bantuan Beras Cadangan Pemerintah (BCP) 2024 di Kota Kotamobagu Siap Dilaksanakan

“Alhamdulillah tidak ada. Tidak ada gejala. Sejak divaksin tanggal satu sampai dengan tanggal 15 ini Alhamdulillah tidak ada gejala,” kata Yani.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Prestasi Gemilang Kota Kotamobagu di MTQ ke-30: Juara Pertama Fahmil Qur’an Putra dan Putri

14 Juni 2024 - 16:57 WITA

blank

Mini Lokakarya Jadi Salah Satu Cara Dinas PP dan KB Tekan Angka Stunting di Kotamobagu

13 Juni 2024 - 12:53 WITA

blank

Pekerjaan Peningkatan Jalan Nurul Iman Desa Poyowa Besar Satu Masuk PHO

13 Juni 2024 - 12:48 WITA

blank

Wakili Pj Wali Kota, Sekda Sofyan Mokoginta Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Polres Kotamobagu

12 Juni 2024 - 12:45 WITA

blank

Pj Wali Kota Asripan Nani Tinjau Stand Pameran UMKM dan Lomba MTQ XXX Tingkat Provinsi Sulu

11 Juni 2024 - 19:31 WITA

blank

Diserahkan Langsung Pj Wali Kota Asripan Nani, Poktan di Kotamobagu Dapat Bantuan Traktor dari Pemkot

11 Juni 2024 - 17:21 WITA

blank
Trending di Kotamobagu