Menu

Mode Gelap

Bolaang Mongondow Raya

DPMD Boltim Ajukan 20 Desa Untuk Ikut Serta Dalam Lomba Desa Cerdas Tingkat Nasional


14 Feb 2022 18:50 WITA·

DPMD Boltim Ajukan 20 Desa Untuk Ikut Serta Dalam Lomba Desa Cerdas Tingkat Nasional Perbesar

BOLTIM, KONTRAS MEDIA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengajukan sebanyak 20 Desa ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk ikut serta dalam lomba Smart village (Desa cerdas) tingkat nasional tahun2022.

Kepala Dinas PMD Boltim, Hendra Tangel mengatakan, 20 desa yang diajukan pihaknya merupakan perwakilan desa dari wilayah pesisir dan pegunungan.

“10 Desa kita ambil dari wilayah pesisir, sementara 10 lagi dari wilayah pegunungan,” katanya.

Terkait keikutsertaan perlombaan ini kata Hendra, pihaknya juga sudah meminta desa-desa tersebut untuk menyiapkan segala sesuatu yang menjadi syarat perlombaan.

“Kita sudah minta mereka (desa, red) untuk melakukan input data sesuai permintaan dari pusat. Termasuk proposal, menyiapkan operator desa dan surat pernyataan dari sangadi terkait kesiapan keikutsertaan lomba,” ujarnya.

Masih menurut Hendra, penentuan desa-desa yang diikutsertakan dalam lomba ini dilihat dari infrastruktur penunjang, seperti ketersediaan jaringan internet dan jaringan listrik di desa itu sendiri.

“Jadi dari 81 desa yang ada di Boltim, kita lihat pertama desa itu jaringan internet bisa masuk, karena perangkat yang akan diberikan kementerian itu membutuhkan jaringan, kemudian harus di topang dengan ketersediaan listrik tentunya,” ungkapnya.

Tidak kalah penting tambah Hendra, kesiapan desa untuk menyiapkan operator desa untuk mengoprasikan perangkat yang nantinya akan diberikan pihak kementerian.

“20 desa yang kami ajukan ini masih akan melalui tahap verifikasi dan hasilnya akan diumumkan pada 18 Februari mendatang. Harapan kami semuanya bisa lolos,” tutupnya.

Untuk diketahui, Smart village atau desa cerdas didefinisikan sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa. (**)

Baca Berita Lainnya :  Jual Nasi Kuning Harga Murah, Lapak Milik Ibu Lona “Diserbu” Konsumen
Artikel ini telah dibaca 1 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pemdes Moyonkota Salurkan BLT Tahap 2

22 Mei 2024 - 23:09 WITA

blank

Lewat Lobi Bupati SSM, Kemenhub Kucurkan Dana Puluhan Miliyar Untuk Pembangunan Pelabuhan Kotabunan

22 Mei 2024 - 22:18 WITA

blank

Usai Ikut Pembukaan Kegiatan Dekranas Expo, Seska Ervina Budiman Hadiri Puncak HKG PKK ke-52

18 Mei 2024 - 11:17 WITA

blank

Berhasil Menjalankan Program Pembangunan di Boltim, Bupati Sam Sachrul Diundang Wawancara Khusus oleh Media Nasional

16 Mei 2024 - 17:25 WITA

blank

Tanggapi Keluhan Masyarakat Soal Kerusakan Jalan Trans Provinsi di Desa Lanut, Pemkab Boltim Usulkan Perbaikan ke Dinas PU Provinsi

14 Mei 2024 - 17:51 WITA

blank

Piala Eropa 2024 Segera Dimulai, Socer Jersey Tawarkan Baju Bola Dengan Harga Murah

10 Mei 2024 - 13:12 WITA

blank
Trending di Bolaang Mongondow Raya