Menu

Mode Gelap

Khazanah

Bulan Ramadhan Semakin Dekat, Sudah Melunasi Qodho?


17 Mar 2021 21:25 WITA·

Bulan Ramadhan Semakin Dekat, Sudah Melunasi Qodho? Perbesar

HIKMAH, KONTRAS MEDIA – Puasa Ramadhan 2021 terasa makin dekat dengan kehidupan para muslim. PP Muhammadiyah dalam surat edarannya memutuskan awal puasa Ramadhan pada 13 April 2021.

“1 Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021. Pengumuman awal Ramdhan 1442 H berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah,” tulis maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tersebut.

Dengan ketentuan tersebut, Ramadhan kemungkinan dimulai dalam waktu kurang dari satu bulan sejak hari ini Rabu (17/3/2021). Menjelang puasa Ramadhan 2021, seorang muslim harus menyelesaikan semua utang puasa.

Utang yang harus dibayar termasuk puasa qodho karena berbagai hal. Muslim boleh tidak puasa Ramadhan saat sedang sakit, datang bulan, atau mengalami halangan lain namun wajib menggantinya di hari lain.

Kewajiban mengganti utang puasa Ramadhan atau puasa qodho dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 184

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Arab latin: Ayyāmam ma’dụdāt, fa mang kāna mingkum marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iddatum min ayyāmin ukhar, wa ‘alallażīna yuṭīqụnahụ fidyatun ṭa’āmu miskīn, fa man taṭawwa’a khairan fa huwa khairul lah, wa an taṣụmụ khairul lakum ing kuntum ta’lamụn

Artinya: “(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Bagi yang belum melunasi qodho, sebainya segera bayar utang sebelum puasa Ramadhan 2021. Seperti puasa yang lain, bayar qodho diawali membaca niat

Niat puasa bayar utang Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta’âlâ

Artinya: “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadan esok hari karena Allah Ta’ala.”

Sesuai firman Allah SWT dalam Al Mu’minun ayat 61, seorang muslim wajib segera melakukan kebaikan termasuk melunasi qodho sebelum puasa Ramadhan 2021. Semoga muslim yang harus bayar utang puasa Ramahan bisa segera melunasi kewajibannya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

blank badge-check

Penulis Berita

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Hamil Ideal Maksimal Usia 35: Penjelasan Medis yang Perlu Kamu Ketahui

29 Maret 2024 - 12:19 WITA

hamil ,hamil di usia tua, risiko hamil di atas 35 tahun ,kehamilan,ciri ciri orang hamil mengenal tanda tanda awal kehamilan

25 Tempat Wisata Favorit di Indonesia

19 Mei 2023 - 04:36 WITA

25 Tempat Wisata Favorit di Indonesia

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Junub

13 Oktober 2022 - 17:38 WITA

Mandi Junub

inilah 7 Ayat Al-Quran yang Membahas Tentang Penciptaan Alam Semesta

5 Juli 2022 - 16:22 WITA

blank

17 Ucapan Keren Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022

28 April 2022 - 12:25 WITA

selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2022

Edit Foto di WhatsApp Sekarang Bisa, Begini Caranya

19 April 2022 - 11:19 WITA

Edit Foto di WhatsApp Sekarang Bisa, Begini Caranya
Trending di Rehat