Pemda BU Berhasil Tingkatkan Pertumbuhan Kampung KB

0

Kontras.co.id,Bengkulu Utara – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga (DPPKB) Kabupaten Bengkulu Utara telah berhasil meningkatkan Pertumbuhan kampung Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Bengkulu Utara. Yang mana hingga tahun 2019 mengalami peningkatan signifikan menjadi 44 kampung KB dibanding sebelumnya sebanyak 24 kampung.

“Untuk tahun 2019 diprogramkan sebanyak 44 Kampung KB, hal ini di lakukan dalam merealiasikan nawacita pemerintah untuk membangun dari pinggiran melalui peningkatan kualitas keluarga,” ujar Kepala DPPKB Bengkulu Utara Drg. Adifitridin,M.Kes

Ia mengatakan pembentukan kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung sehingga menjadi sejahtera.

Kampung KB juga, lanjut Adifitridin merupakan agenda prioritas kelima pemerintah yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai kampung,”ungkap Adifitridin

Sedangkan secara khusus adanya Kampung KB, menurut Adifitridin dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program keluarga kecil bahagia sejahtera.

Adifitridin mengatakan, ada tiga hal pokok yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai syarat dibentuknya Kampung KB diantaranya tersedianya data kependudukan yang akurat serta adanya dukungan dan komitmen Pemerintah Daerah. “Hal lain yang juga menjadi pertimbangan pembentukan kampung Keluarga Berencana adanya partisipasi aktif masyarakat,”ujarnya.

Melalui Kampung KB ini, lanjut Adifitrifin, diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, KB dan pembangunan keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan mengendalikan angka kependudukan.

Selain meningkatkan pertumbuhan kampung KB, DPPKB Bengkulu Utara telah berhasil membina murid MAN 1 Argamakmur atas nama Cece Remargo Olanda yang telah membawa Bengkulu Utara Juara Duta Genre Indonesia Favorit Putra 2019 melalui program BKR dan PIK-R serta layak menerima Beasiswa gemilang Universitas Bakrie. (E.K)

About Author

Leave A Reply