Begini Riwayat Perjalanan Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Lebong

0

Kontras.co.id– Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bengkulu kembali melaporkan penambahan kasus positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu, Jum’at (24/7/2020). Penambahan kasus kali ini di Kabupaten Lebong yakni  seorang perempuan berusia 47 tahun.

“Iya, ini kasus perdana di Kabupaten Lebong, yakni perempuan umur 47 tahun dengan gejala mual disertai muntah, batuk dan nyeri dilambung yang saat ini dirawat di RSUD Jalur Dua di Rejang Lebong,”kata Herwan

Herwan menjelaskan, sebelum dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, pasien 196 ini memiliki riwayat perjalanan dari Kabupaten Bengkulu Utara. Lalu, pasien mengalami masalah kesehatan. Merasa kurang sehat pasien pergi kesalah satu klinik di Kabupaten Rejang Lebong untuk berobat.

Dengan keluhan seperti gejala Covid-19, sehingga dokter melakukan pemeriksaan dan pengambilan SWAB.  Sampel SWAB ini kemudian dilakukan pemeriksaan di Laboratorium RSUD Curup. Secara mengejutkan hasilnya ternyata  terkonfirmasi positif Covid-19.

Lebih lanjut, Herwan menyebutkan pihaknya akan melakukan penelusuran riwayat pasien dengan siapa saja pernah kontak langsung maupun bersentuhan. Terutama terhadap keluarga dekat, rekan kerja dan lingkungan sekitar selama 14 hari sebelum pasien dinyatakan positif.

“Kita akan menginstruksikan tim gugus tugas di Kabupaten Lebong untuk melakukan tracing  terhadap siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien selama 14 hari sebelum dinyatakan positif,”sebutnya

Dikonfirmasi soal status zona hijau Covid-19 di Kabupaten Lebong, Herwan mengatakan dengan adanya satu kasus perdana Positif Covid-19 di Kabupaten Lebong yang sebelumnya menyandang status zona hijau di Provinsi Bengkulu, maka status zona hijau akan mengalami perubahan yakni zona kuning. Ini biasanya satu minggu setelah kasus ini nanti akan terjadi perubahan zona kembali.

“Perubahan zona akan terjadi terus menerus sesuai dengan ada tidaknya kasus. Ketika didaerah tersebut selama empat minggu terakhir tidak ada kasus baru dan kasus lama dinyatakan sembuh tentu Lebong akan kembali lagi ke zona hijau. Mudah-mudahan tidak ada tambahan kasus di Kabuaten Lebong ini,”singkat Herwan

Sekedar informasi, berikut update terkini perkembangan kasus Covid 19 di Provinsi Bengkulu per 24 Juli 2020 :

         ODP

  1. Jumlah ODP :  1007
  2. Jumlah ODP selesai pemantauan :    967
  3. Jumlah ODP masih dalam pemantauan :      40
  4. Jumlah tambahan ODP hari ini :        0

    PDP

  5. Jumlah PDP : 131
  6. Jumlah PDP yang dinyatakan sehat :   32
  7. Jumlah PDP menjadi konfirmasi :   20
  8. Jumlah PDP meninggal             :   30
  9. Jumlah PDP proses pengawasan/dirawat :   49
  10. Jumlah tambahan PDP yang dilaporkan hari ini :    1
  • M.P.A, umur 17 tahun. Alamat Kabupaten Rejang Lebong. Keluhan sesak nafas, batuk dan demam. Saat ini di rawat di RSUD Curup Kabupaten Rejang lebong.
  • SAMPEL YANG DIPERIKSA DI LABORATORIUM
  1. Jumlah sampel yang diperiksa                         :2.973
  2. Jumlah sampel positif :   196
  3. Jumlah sampel yang proses pemeriksaan :     22
  4. Jumlah sampel yang keluar hari ini                                     :     30

Yaitu 2 positif kasus lama (evaluasi), 1 postitif kasus baru dan 27 negatif.

  1. RAPID TEST
  2. Jumlah Rapid Test yang sudah dilakukan : 19.756
  3. Jumlah Rapid Test yang unreaktif : 19.395
  4. Jumlah Rapid Test yang reaktif :      361
  5. Jumlah Rapid Test reaktif yang dilaporkan hari ini :          1

    Tambahan Kasus Sembuh :

  1. Tambahan Kasus konfirmasi Positif Covid 19 yang dilaporkan sembuh hari ini berjumlah 1 orang, yaitu: kasus 122 dari Kota Bengkulu.
  2. Total Kasus konfirmasi Positif Covid 19 yang dilaporkan sembuh sampai dengan hari ini berjumlah 117 orang

Redaksi

About Author

Leave A Reply